Tim Adipura 2023 Sudah Lakukan Penilaian, Rohil Optimis Raih Piala Adipura

ROHIL,  Tim Adipura 2023 sudah melakukan penilaian di kota Bagansiapiapi, Sejauh ini tinggal menunggu hasil yang akan diraih, dalam penilaian tersebut Kabupaten Rokan Hilir optimis bisa meraih piala Adipura Tahun 2023 ini.

Kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi SSos, saat di konfirmasi, Selasa (23/1/2024) mengatakan, bahwa Tim  Adipura melakukan penilaian  di kota Bagansiapiapi Selama tiga hari dari Tanggal 19 sampai dengan 21 Januari 2024.

” Kami baru saja mendampingi tim penilai Adipura 2023 yang penilaiannya di tahun 2024. Selama tiga hari mereka berkunjung ke Kota Bagansiapiapi, kehadiran mereka untuk melihat dan memantau lokasi lokasi yang dijadikan untuk penilaian Adipura,” Kata Suwandi S.Sos. 

Tim yang hadir terang Suwandi, ada kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, dan juga dari pusat pengendalian pembangunan ekonomi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Riau.

Suwandi bersyukur, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Dan Dirinya mengakui pihaknya banyak menerima masukan yang disampaikan oleh tim penilai untuk perbaikan ke depan terutama mengenai pengolahan sampah.

” Masukan ini akan kami jadikan sebagai koreksi dan perbaikan untuk depan, atas penilaian tersebut tentunya kita berharap kabupaten Rokan Hilir bisa meraih piala Adipura 2023, yang mana sebelumnya pada Tahun 2022 kita hanya bisa meraih sertifikat Adipura,” Paparnya.

Disamping itu, Suwandi juga berharap mudah-mudahan prestasi tersebut bisa lebih ditingkatkan, karena merupakan ukuran kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah.

” Sehingga bagi di daerah yang dianugerahi piala Adipura, tentu kinerja dalam pengelolaan sampah lebih meningkat dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainnya,” Tambahnya. 

Adapun lokasi yang di jadikan untuk penilaian tersebut ada 27 titik pantau. Mulai dari RSUD Pratomo, Puskesmas Bagan Punak, Pasar Datuk Rubiah, sekolah SDN 1 Bangko, SMP 1 Bangko,  dan SMA 1 Bangko. 

” Kemudian lokasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat ada TPS 3R di nelayan, bank sampah induk, bank sampah unit, pengolahan sampah perkotaan dan pola sampah di TPA, beberapa ruang terbuka hijau seperti Taman Kota, Taman Budaya, Hutan Kota, Pemukiman penduduk yaitu di perumnas Batu 4 dan di Perumahan Pemda Batu 6,” Jelas Suwandi.

Kemudian lanjut Suwandi, ada jalan seperti Jalan aman, Jalan mawar, Jalan Perna MTQ, Adhyaksa dan jalan pesisir Sungai Rokan. Kemudian perkantoran juga ada tiga lokasi yaitu kantor DLH, Bappeda dan Inspektorat. 

” Ke semua lokasi ini sudah dikunjungi oleh tim, sesuai dengan aturan dan sesuai dengan komponen yang dinilai oleh tim penilai Adipura,” Ucap Suwandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *